Boneka cingcowong

Assalamualaikum...

Ternyanta Boneka ada sejak jaman dulu ya meskipun bentuknya sederhana ya itulah wujud asli boneka yang buatan Indonesia. Boneka kadang kala dijadikan wujud sarana ibadah seperti boneka cingcowong yang ada di kuningan..
Boneka Cingcowong

Berawal dari Kecamatan Luragung Desa Luragunglandeuh Dusun Wage, yang dikatakan sebagai kecamatan tertua di Kabupaten Kuningan menjadi asal muasal upacara cingcowong. upacara yang sudah lama ini dijadikan sarana ibadah dalam kepercayaan meskipun agama yang di anut bertentangan tetapi kepercayaan ini dijalankan jika 3 bulan bertutut turut tidak turun hujan. Hujan kadangkala dianggap hal yang berkah untuk masyarakat luragung, sulitnya air pada daerah tersebut merupakan hal yang kurang disuka oleh masyarakat setempat karena matapencahariannya bertani dan berladang, Musim panas atau halodo berkepanjangan menjadikan lingkungan pertanian gagal panen, maka masyarakat yang sebagian bermatapencaharian sebagai petani mencari ide untuk membuat acara ritual pemanggilan hujan dengan menggunakan boneka dengan mengucapkan mantra atau doa-doa.
terdapat beberapa penyebab yang dapat dikatakan penyebab upacara ritual cingcowong terjadinya hujan diantaranya
  • Mantra berdialek timur laut
  • Boneka cingcowong (bagian atas bagian bawah)
  • Sajen (telur asin, tumpeng kecil atau congcot, cerutu, gula batu, aneka panganan kue, kembang  jutuh rupa)
  • Alat rumah tangga (taraje, tikar, sisir, cermin, bokor, kipas, dan buyung)
(sumber: DISBUDPAR,13:2013)

Boneka cingcowong memiliki persamaan dengan boneka jalangkung/ Cay Lan Gong dari cina, boneka ni towong dari jawa dan bebegig sawah.  Boneka ini menyerupai manusia dengan adanya bagian kepala dan bagian badan. boneka cingcowong penuh dengan simbol yang mengandung arti dalam konteks tradisional dan modern.  Boneka ini diibaratkan sebagai media masuknya roh dewi sebagai perwujudan untuk meminta hujan.


Seorang homocreator/Rantasih sebagai pembuat Boneka Cingcowong bertama kali yang berbahan dasar dari bubu(jaring ikan), dan tempurung kelapa tidak lupa Rantasih memberi kan komposisi sebagaimana seseorang manusia. dalam karya seni rupa boneka cingcowong dapat dikatakan patung. Seni yang menggambarkan objek hasil pengamatan atau hasil imajinasi dalam wujud material dan bersifat tiga dimensi (Pius Piro W. 2014:107). Imajinasi Rantasih mengutip atau membeikan inspirasi bagi patung/boneka yang hampir sama seperti jalangkung, bebegig, nitowong, tera tera bozu dan lain lain.

Terimakasih sudah membaca Upacara Ritual Boneka Cingcowong di Blog ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bokor Kuningan

Batik Keraton

Motif Batik Keraton