Kecil Kecil Kuda Kunigan



Jenis kuda Kuningan adalah kuda windu yang menjadi bagian sejarah dari Kabupaten Kuningan. kisah Sejarah Kuningan telah diberitakan bahwa tokoh Syekh Maulana Arifin (Adipati Kuningan), yaitu putra dari Syekh Maulana Akbar, pernah memelihara peternakan jenis kuda yang selanjutnya berkembang dan terkenal menjadi Kuda Kuningan sekarang ini (aditya, 2009). Kuda Kuningan pada abad XV adalah pencampuran antara kuda-kuda pilihan yang didatangkan dari sumbawa sehingga diperoleh jenis kuda yang kuat dan bertenaga. Kuda ini memiliki proposi yang berbeda dari kuda kuda lainnya bentuknya yang kecil dan lincah.
saptonan

Kuda Kuningan ialah kuda perang yang biasa digunakan ketika berperang memiliki proposi yang kecil dan tenaga yang besar, kuda ini menjadi kebanggaan Kabupaten Kunigan hingga memiliki pujian yaitu kecil kecil kuda kuningan, biarpun kecil tetapi lincah dan kuat. Akan tetapi kuda perang ini hanya tinggal sebuah nama, masyarakat tidak mengetahui jika dahulu kuda Kuningan dipergunakan untuk berperang dan kini kuda kuningan digunakan sebagai andong/delman.
Seni Pertunjukan yang melibatkan kuda tidak hanya Kuda Lumping atau Kuda renggong tetapi di Kuningan ialah sapton atau sabtuan, dilakukan di hari sabtu dan minggu setiap minggunya. Sapton merupakan kebiasaan kerajan Kajene (Kuningan) yang berupa berkuda dan panahan  dalam bela negara serta kebersaman antara pemerintah dengan rakyatnya(Tim DISBUDPAR Kab. Kuningan. 47:2013). Sapton yang melibatkan kuda tidak hanya berkuda dan panahan tetapi dibalik itu ada nilai simbolik berupa silaturahmi antara rakyat dan pemerintah. Saptonan tidak hanya ada dikuningan melainkan di Cirebon daerah Lemahwuguk yaitu daerah keraton Kasepuhan (pakungwati) memiliki kebiasaan saptonan setiap harinya karena saptonan merupakan ajang latihan para prajurit Kerajaan Islam di Cirebon pada masanya.
Pergeseran fungsi pada kuda Kuningan menjadi alat transportasi membuat masyarakat tidak tau begituh gagah perkasanya kuda Kuningan dimasanya. Kebanggaan itu terpatri pada simbol simbol kedinasan dan lembaga lembaga pendidikan. 
Trimakasih sudah membaca artikel tentang Kecil Kecil Kuda Kunigan semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Bokor Kuningan

Batik Keraton

Motif Batik Keraton